Jadi Juru Kunci, Timnas Indonesia Dipastikan Main di Play-off Piala Asia 2023

  • Bagikan
Timnas Indonesia dipastikqn bermain di Play off Piala Asia 2023

Kekalahan Timnas Indonesia dari Vietnam pada matchday ke-7 di Grup G membawa mereka tak hanya duduk di posisi terbawah klasemen dan juga harus tampil di babak playoff Piala asia 2023.

Selain Indonesia, beberapa negara yang menjadi juara kunci di babak kedua kualifikasi ini adalah Guam, Taiwan, dan Kamboja.

Adapun playoff Piala Asia akan diikuti oleh 12 tim, yang terdiri dari empat tim peringkat keempat terburuk dan 8 tim peringkat kelima fase grup (juru kunci Grup A-H).

BACA JUGA:  Kata Siapa Cuma Rumor Belaka! Pelatih Lazio Beri Tanggapan Atas Transfer Pratama Arhan

Di babak play-off, setiap tim akan saling berhadapan dengan sistem dua leg. Pertandingannya akan digelar dengan dua ronde dimana tiga tim dari 12 peserta terburuk (berdasarkan Kualifikasi Piala Dunia 2022) akan ditempatkan di ronde kedua.

Sebanyak 12 tim di babak playoffs akan memperebutkan 9 tiket ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia.

BACA JUGA:  Kalahkan Kevin Cordon, Anthony Ginting Raih Medali Perunggu Olimpiade Tokyo

Nantinya di babak ketiga akan ada 24 tim yang dibagi ke enam grup untuk memperebutkan 12 tiket ke Piala Asia. Format ini mirip seperti UEFA Nations League.

Sementara tim yang kalah di ronde pertama playoff masih punya harapan lolos ke babak ketiga Kualifikasi Piala Asia. Mereka akan menghadapi tiga tim yang sudah menunggu di ronde kedua.

BACA JUGA:  Bermain Apik di Piala AFF 2020 Namun Menurun Setelah Main di Liga 1, Ada Apa dengan Dewangga?

Bagi tim yang kalah di ronde kedua, maka mereka bermain di AFC Solidarity Cup, turnamen untuk negara-negara yang tersingkir di kualifikasi Piala Dunia/Piala Asia.

Tapi untuk edisi selanjutnya yang seharusnya digelar 2020 dipastikan batal.

Piala Asia 2023 sendiri akan diikuti oleh 24 negara dan digelar di China.

  • Bagikan
close