Dua Gol Penalti Jadikan Ronaldo Top Skor EURO 2020 Sekaligus Selamatkan Portugal dari Kekalahan

  • Bagikan
Cristiano Ronaldo resmi menjadi topskor sementara berkat tambahan 2 gol penalti ke gawang Prancis

Cristiano Ronaldo menobatkan diri sebagai top skor sementara Euro 2020. Menariknya, sebagian besar gol pemain Portugal itu tercipta dari eksekusi penalti dan Ronaldo pun memegang rekor gol penalti baru.

Ronaldo bermain penuh ketika Portugal memainkan matchday ketiga Grup F Euro 2020 melawan Prancis, Kamis (24/6/2021) dini hari WIB. Laga yang digelar di Puskas Arena ini berjalan dengan sangat seru.

Portugal sempat unggul lebih dulu lewat gol Cristiano Ronaldo pada menit ke-30. Lalu, dua gol dari Karim Benzema membuat Prancis berbalik unggul. Namun, Ronaldo akhirnya membuat laga berakhir 2-2 lewat golnya pada menit ke-60.

BACA JUGA:  Kronologi Pemecatan Ronald Koeman di Barcelona: Divonis di Udara, Resmi PHK 2 Menit Lewat Tengah Malam

Ronaldo mencetak dua gol ke gawang Prancis. Menariknya, dua gol pemain berusia 36 tahun itu semuanya berasal dari eksekusi penalti. Ronaldo menjalankan tugas dengan sempurna sebagai penendang penalti.

Kini, Ronaldo sudah mencetak tiga gol melalui penalti di Euro 2020. Satu gol lainnya tercipta saat Portugal menang telak atas Hungaria pada laga pertama Grup F.

Dikutip dari Squawka, dengan tiga gol penaltinya, Ronaldo pun punya rekor baru. Penyerang asal klub Juventus itu kini menjadi pemain yang paling sering mencetak gol penalti di fase grup pada satu edisi Euro.

BACA JUGA:  Copa Amerika, Ambisi Messi Raih Trophy Pertama untuk Argentina

Sementara itu, laga Portugal vs Prancis diwarnai dengan tiga gol penalti. Satu penalti lain menjadi milik Prancis dan dieksekusi dengan sempurna oleh Karim Benzema.

Dua gol ke gawang Prancis membuat Ronaldo kini memimpin daftar top skor Euro 2020. Mantan pemain Real Madrid itu telah mencetak lima gol di fase grup. Ronaldo unggul dari tiga pemain lain yang mencetak tiga gol.

Tiga pesaing terdekat Ronaldo dalam perebutan gelar top skor Euro 2020 adalah Patrick Schick [Rep. Ceko], Romelu Lukaku [Belgia], dan Gini Wijnaldum [Belanda].

BACA JUGA:  Real Madrid Terus Buru kylian Mbappe

Ronaldo, dengan lima gol di fase grup Euro 2020, punya catatan rekor lain. Ronaldo kini menjadi pemain paling subur di fase grup Euro setelah David Villa yang mencetak empat gol pada Euro edisi 2008 silam.

Ronaldo hanya kalah dari pemain dalam rekor gol di fase grup. Hanya legenda Prancis, Michel Platini, yang punya catatan gol lebih banyak. Pada Euro 1984 silam, Platini mencetak tujuh gol di fase grup.

  • Bagikan
close