Kalahkan Spanyol, Italia Lolos Final Euro 2020

  • Bagikan

Italia berhasil lolos ke final Euro 2020 setelah mengalahkan Spanyol dalam drama adu penalti, (7/7/21). Banyak rekor yang tercipta di laga ini, salah satunya berhentinya rekor kemenangan Spanyol di semifinal.

Laga berjalan dengan sangat ketat dengan Spanyol menguasai penguasaan bola dan Italia mengandalkan serangan balik cepat. Serangan balik itu terbukti jitu ketika Federico Chiesa berhasil mencetak gol lewat serangan yang dimulai dari Gigio Donnarumma pada menit ke-60.

Italia Berhasil Hentikan Rekor Kemenangan Spanyol di Semifinal Turnamen Besar
@brfootball
Tapi Alvaro Morata membalas pada menit ke-80 dan laga dilanjutkan ke babak adu penalti setelah 120 menit laga berakhir imbang 1-1.

BACA JUGA:  Secara Mengejutkan, Belanda Tersingkir dari Rep. Cheska Di Babak 16 Besar

Manuel Locatelli merupakan satu-satunya penendang Italia yang gagal, sedangkan Spanyol, Dani Olmo dan Alvaro Morata gagal dan Jorginho berhasil membuat Italia menang 4-2. Berikut beberapa data dan fakta menarik laga Italia vs Spanyol.

Saat Spanyol berhasil masuk ke babak semifinal di sebuah major turnamen (Euro dan Piala Dunia) mereka selalu menang dan lolos ke babak final. Tepatnya lima kali mereka melakukan itu dan terakhir terjadi di Euro 2012. Tapi kini untuk pertama kalinya mereka gagal melakukan itu.

BACA JUGA:  Tisu Bekas Hapus Air Mata Messi Akhirnya Dibeli Oleh Model Majalah Dewasa

Hasil ini membuat Gli Azzurri tak terkalahkan di 33 laga terakhirnya di semua kompetisi. Mereka hanya berjarak dua laga lagi untuk bisa menyamai rekor dunia yang dipegang oleh Brasil (1993-96) dan Spanyol (2007-2009).

Hasil ini juga membuat Italia bermain 20 kali di babak tambahan di turnamen besar (Euro dan Piala Dunia). Itu merupakan rekor dan setidaknya 4 kali lebih banyak dari tim yang berada di bawahnya.

BACA JUGA:  Cidera Makin Parah, Pelatih Ansan Greeners Lobi Shin Tae yong Agar Asnawi Batal Gabung Timnas

Jorginho berhasil menjadi penentu ketika tendangan penalti hop, skip, jump-nya berhasil mengelabui Unai Simon dan membuat Azzurri menang 4-2. Tapi bukan hanya penalti, pemain Chelsea itu berhasil melakukan 7 intersep. Angka itu bukan hanya terbanyak di laga itu, tapi juga terbanyak dalam satu laga di sepanjang Euro 2020.

Jorginho juga berhasil mencapai semua pertandingan final semenjak dia bergabung ke Chelsea pada 2018. Final Liga Champions, Liga Europa, Piala FA, Piala Liga, dan kini Euro 2020.

  • Bagikan
close