Lewat Drama Adu Pinalti, Argentina Sukses Singkirkan Kolombia

  • Bagikan

Final idaman Brasil vs Argentina pada Copa America 2021 akhirnya terwujud. Laga Argentina vs Kolombia pada semifinal, Rabu (7/7/2021) pagi WIB, berakhir 3-2 pada adu penalti setelah kedua tim bermain imbang 1-1 selama 90 menit. Emiliano Martinez secara sensasional sukses menepis tiga eksekusi pemain Kolombia.

Lionel Messi langsung menjadi momok bagi timnas Kolombia. Baru tiga menit laga berjalan, aksinya melewati dua pemain lawan berbuah peluang emas bagi timnas Argentina. Umpan silangnya ke kotak penalti mampu disambar tandukan Lautaro Martinez. Namun, bola masih melenceng tipis di samping tiang gawang.

Empat menit kemudian, skema serupa terulang. Menusuk di sisi kanan, Messi melepaskan umpan ke mulut gawang Kolombia. Kali ini, Martinez tak menyia-nyiakan kesempatan. Tembakan kaki kanannya berbuah gol di gawang lawan. Skor laga Argentina vs Kolombia berubah jadi 1-0.

Setelah gol itu, Kolombia coba bangkit. Los Cafeteros di antaranya punya peluang dari tendangan keras dan tendangan bebas Juan Cuadrado. Namun, tak ada yang berbuah gol karena membentur pertahanan Argentina dan tembakan yang melesat jauh dari gawang.

BACA JUGA:  Potensial, Pelatih Ipswich Town Ingin Elkan Baggott Gabung Tim English Premiere League

Peluang terbaik diperoleh Wilmar Barrios pada menit ke-37. Berawal dari tusukan di sisi kiri, terjadi kemelut setelah bola muntah disambar tendangan geledek Barrios. Sial bagi Kolombia, bola yang sempat menyentuh pemain Argentina hanya membentur tiang gawang dan lantas keluar. Dari sepak pojok, tandukan keras Yerry Mina juga menghantam mistar gawang Emiliano Martinez.

Jelang babak pertama usai, Argentina hampir menggandakan keunggulan. Menyabut sepak pojok Lionel Messi, Nicolas Gonzalez menanduk bola yang lantas memantul. Namun, David Ospina yang terkejut masih mampu menepis bola ke atas mistar gawangnya. Hingga babak pertama usai, kedudukan Argentina vs Kolombia tetap 1-0.

BACA JUGA:  Hasil Drawing Sea Games, Timnas Indonesia Segrup Vietnam, Netizen : Optimis Medali Emas !

Babak Kedua
Memasuki babak kedua, timnas Kolombia melakukan perubahan besar. Pelatih Reinaldo Rueda langsung mengganti tiga pemain sekaligus. Gustavo Cuellar, William Tesillo, dan Rafael Borre digantikan oleh Yimmi Chara, Frank Fabra, dan Edwin Cardona.

Hasilnya, Kolombia mampu membuat gol penyeimbang pada menit ke-61. Melakukan tusukan di sisi kiri, Luis Diaz menceploskan bola ke tiang jauh meskipun ditempel ketat oleh German Pezzella. Gol ini bisa dikatakan istimewa karena posisinya tidaklah ideal untuk melepaskan tembakan.

Kedudukan jadi seimbang dan Kolombia lebih sering melakukan tekanan, Lionel Scaloni menurunkan Angel Di Maria pada menit ke-67. Winger Paris Saint-Germain itu mampu membuat serangan Argentina kembali menyengat pertahanan lawan. Pergerakan lincahnya sambil menggiring bola selalu menggoyang lini belakang Los Cafeteros.

Pada menit ke-73, Di Maria bahkan lolos sendirian dan membuat David Ospina keluar dari kotak penalti. Dia lantas melewati Ospina dan melepaskan umpan kepada Lautaro Martinez. Namun, eksekusi striker Inter MIlan itu masih dapat disapu Wilmar Barrios yang dengan sigap menjaga gawang yang ditingalkan Ospina.

BACA JUGA:  Stefano Lilipaly Ngaku Enjoy Bisa Gabung Timnas Indonesia Lagi

Di Maria lagi-lagi memberikan ancaman pada menit ke-81. Umpan terobosannya ke kotak penalti mampu disambut Lionel Messi. Namun, tembakan La Pulga hanya menerpa tiang gawang. Bola liar pun yang disambar Rodrigo De Paul pun masih dapat diblok pemain Kolombia.

Meskipun kedua tim sama-sama tak menghentikan serangan, gol tambahan tak tercipta. Alhasil, hingga Jesus Valenzuela mengakhiri babak kedua, skor Argentina vs Kolombia tetap 1-1. Penentuan tim yang lolos ke final pun harus dilakukan lewat adu penalti. Dalam drama menegangkan itu, Argentina menang 3-2 atas Kolombia. Emiliano Martinez secara gemilang mementahkan eksekusi Davinson Sanchez, Yerry Mina, dan Edwin Cardona.

  • Bagikan
close