Nurul Akmal: Bakat Angkat Padi Jadi Atlet Angkat Besi

  • Bagikan
Nurul Akmal: Bakat Angkat Padi Jadi Atlet Angkat Besi
Atlet Angkat Besi Nurul Akmal dalam Olimpiade Tokyo 2020 (Source: IG/ @nurulakmal_12

Nurul Akmal menjadi salah satu wakil Indonesia di Olimpiade Tokyo 2020 untuk cabang olahraga angkat besi.

Wanita berusia 28 tahun ini berhasil mencetak sejarah sebagai atlet asal Aceh pertama yang berlaga di Olimpiade setelah 30 tahun silam. Ia pun sukses menempati peringkat kelima saat bertanding di Olimpiade Tokyo 2020 di kelas +87 kg, kelas yang untuk pertama kalinya diikuti lifter Indonesia di cabang olahraga angkat besi, dengan total angkatan 256 kg, yang didapat dari snatch (langsung) 115 kg dan clean and jerk 141 kg.

KIsah Nurul Akmal bisa menjadi inspirasi bagi anak muda karena begitu banyak prestasi yang ditorehkan berkat kerja keras dan usahanya.

BACA JUGA:  Bak Bidadari di Tengah Lapangan, Berikut Pesona Atlet Voli Zehra Gunes di Olimpiade Tokyo 2020

Sebelum mewakili Indonesia dalam olimpiade Tokyo 2020, Nurul Akmal sudah beberapa kali memenangkan pertandingan angkat besi.

Sejak 2016 Nurul sudah menjadi juara PON memecahkan rekor snatch dan clean and jerk sekaligus pemegang rekor nasional.

Pada tahun 2017, Nurul Akmal berhasil memenangkan medali perak dalam lomba +90 kg putri di Pesta Olahraga Solidaritas Islam 2017 yang berlangsung di negara Azerbaijan.

Masih di tahun yang sama, ia sukses meraih peringkat 6 dalam lomba +90 kg putri di Universiade Musim Panas 2017 yang diadakan di Taipei, Taiwan.

BACA JUGA:  Jadwal dan Link Live Streaming Olimpiade Tokyo 2020: Anthony Ginting VS Kevin Cordon

Pada Tahun 2018, Nurul Akmal terpilih untuk mewakili Indonesia di Asian Games 2018 yang berlangsung di Jakarta. Ia turun di kelas +75 kg putri di mana ia berhasil meraih peringkat keenam. Berikutnya pada tahun 2019, ia sukses meraih medali perunggu dalam lomba +87 kg putri di Piala Qatar Internasional ke-6 yang diselenggarakan di Doha, Qatar.

Bakat Nurul Akmal Mulai Terlihat Ketika Mengangkat Padi

Nurul Akmal merupakan atlet angkat besi asal Aceh dan merupakan anak seorang petani di Desa Serba Zaman Tunong, Kecamatan Tanah Luas, Kabupaten Aceh Utara.

BACA JUGA:  Indonesia Mundur, BWF Tak Gelar Drawing Ulang Kejuaraan Dunia

Sangat menarik, bahwa bakat terpendam Nurul ditemukan saat ia sedang mengangkut padi hasil panen.

“Nurul Akmal awalnya ditemukan oleh perwakilan kami pertama saat dia sedang mengangkut padi, karena dilihat ada potensi dan ada kemauan dia dilatih dan dibina di Diklat Tunas Bangsa, seluruh biaya ditanggung Dispora Aceh,” kata Effendi Eria, pelatih angkat besi Aceh.

Perempuan kelahiran 12 Febuari 1993 ini mengenal dan berlatih cabang olah raga angkat besi putri sejak tahun 2010.

Saat itu Nurul masih duduk di bangku kelas satu Sekolah Menengah Atas.

  • Bagikan
close