Amerika Serikat Jadi Juara Umum Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia Di Posisi 55

  • Bagikan
Amerika Serikat Jadi Juara Umum Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia Di Posisi 55
Amerika Serikat Jadi Juara Umum Olimpiade Tokyo 2020, Indonesia Di Posisi 55/Foto: REUTERS

Olimpiade Tokyo 2020 telah menyelesaikan seluruh pertandingannya pada hari ini, Minggu (8/8/2021). Amerika Serikat keluar sebagai juara umum  Olimpiade Tokyo 2020 dengan total medali 113 yang terdiri dari 39 emas, 41 perak, dan 33 perunggu.

Menariknya, Negeri Paman Sam -julukan Amerika Serikat- memastikan gelar ini di detik-detik terakhir setelah sebelumnya berada di bawah China. China pun harus puas berada di posisi kedua dengan koleksi 88 medali dengan rincian 38 emas, 32 medali perak, dan 18 perunggu.

Amerika Serikat mendapatkan tiga medali emas tambahan pada hari ini. Tiga medali itu didapatkan pada cabang olahraga (cabor) voli putri, basket putri, dan balap sepeda. Tentu, ini mengejutkan China yang sampai tadi malam masih berada di atas Amerika Serikat.

BACA JUGA:  Aji Santoso Minta Liga 1 Diliburkan Saat Timnas Indonesia Bermain, Biar Sama-sama Untung !

Ini juga membuat Amerika Serikat perkasa pada tiga edisi olimpiade terakhir . Sejak penyelenggaraan Olimpiade London 2012, Olimpiade Rio 2016, hingga Olimpiade Tokyo 2020, Amerika Serikat selalu meraih juara umum.

Tuan rumah Jepang menduduki peringkat ketiga dengan torehan 27 medali emas, 14 medali perak, dan 17 perunggu. Ini menjadi peringkat terbaik Jepang dalam tiga gelaran olimpiade terakhir.

BACA JUGA:  Jadwal dan Link Live Streaming Olimpiade Tokyo 2020: Anthony Ginting VS Kevin Cordon

Adapun di posisi empat, ada Britania Raya dengan koleksi 22 emas, 21 perak dan 22 perunggu. Britania Raya diikuti Komite Olimpiade Rusia (ROC) yang mendapatkan 20 emas, 28 perak, dan 23 perunggu.

Sementara itu, Indonesia telah menutup ajang empat tahunan ini di posisi ke-55 dengan total 5 medali. Indonesia meraih 1 emas, 1 perak, dan 3 perunggu.

Lima medali tersebut didapatkan dari cabor bulu tangkis dan angkat besi. Emas didapatkan di nomor ganda putri atas nama Greysia Polii/Apriyani Rahayu dan Anthony Sinisuka Ginting di tunggal putra meraih perunggu.

BACA JUGA:  PSSI Sadar Akan Dibully Nitizen Karena Hapus Sistem Degradasi Liga 1

Koleksi perak satu-satunya Indonesia disumbangkan oleh Eko Yuli Irawan dari angkat besi. Lalu, dua perunggu lain diraih junior Eko Yuli, yaitu Rahmat Erwin Abdullah dan Windy Cantika Aisah.

Capaian medali itu merupakan yang terbaik bagi Indonesia selama tiga gelaran Olimpiade berturut-turut. Indonesia diharapkan bisa meraih hasil lebih baik lagi di Olimpiade Paris 2024.

Hasil Klasemen Akhir Olimpiade Tokyo 2020:

  • Bagikan
close