Lukaku Jadi Pemain Termahal Sejagad Pasca Gabung Chelsea

  • Bagikan
Lukaku Jadi Pemain Termahal Sejagad Pasca Gabung Chelsea
Lukaku Jadi Pemain Termahal Sejagad Pasca Gabung Chelsea/ Foto: REUTERS

Tak perlu menunggu waktu yang lama, Romelu Lukaku akan segera bergabung dengan Chelsea. Lukaku akan menyandang status pemain termahal sejagad, jika transfer selesai.

Lukaku tampil luar biasa saat membawa Inter Milan juara Liga Italia musim lalu dengan torehan 23 gol dan 10 assist. Sayangnya, krisis finansial yang membelit Inter membuat mereka harus menjual beberapa pemain bintangnya.

Setelah Achraf Hakimi, giliran Lukaku yang akan dilepas Inter Milan musim panas ini. Awalnya Inter tak mau melepas Lukaku, tapi tawaran 115 juta euro atau sekitar 98 juta paun dari Chelsea terlalu sulit ditolak.

BACA JUGA:  Tiru Timnas Indonesia! Malaysia Kini Sedang Mengincar Pelatih Korea Selatan

Dengan uang itu, Inter bisa membayar sisa utang transfer Romelu Lukaku ke Manchester United dan mengalihkan dana untuk mencari penggantinya. Kabar terbaru menyebut Lukaku sudah melakoni tes mesdis di Italia semalam.

Lukaku akan terbang dulu ke Monako untuk mengurus beberapa hal sebelum bertolak ke London. Nantinya Lukaku akan menandatangani kontrak berdurasi lima tahun dengan gaji mencapai 12-13 juta paun per tahun.

Jika resmi jadi pemain Chelsea lagi, maka Lukaku akan menyandang pesepakbola termahal sepanjang masa. Sebab selama kariernya, Lukaku dihargai total 291 juta paun atau sekitar Rp 5,7 triliun.

BACA JUGA:  Sempat Unggul Lebih Dulu, Portugal Justru Digilas German dengan Skor 4-2

Kepindahannya dari Inter ke Chelsea adalah yang termahal sepanjang kariernya. Sebelum ini, Inter membeli Lukaku dari MU pada 2019 dengan banderol 73 juta poundsterling.

Sementara, Setan Merah merekrutnya dari Everton pada 2017 dengan banderol 75 juta paun. Everton membeli Lukaku dari Chelsea pada 2014 dengan harga 28 juta paun.

Chelsea yang memboyong Lukaku ke Inggris pada 2011 harus mengeluarkan uang 17 juta paun kepada Anderlecht. Harga 5,9 triliun Lukaku ini mengalahkan rekor transfer Neymar yang senilai 270 juta paun.

BACA JUGA:  Kacau, Asnawi Mangkualam Dipastikan Absen di Semi Final Melawan Thailand U-23

Rincian transfer Neymar adalah 72 juta paun saat pindah ke Barcelona dan Santos pada 2013, lalu 198 juta paun saat hijrah ke Paris Saint-Germain pada 2017.

Di urutan ketiga ada Cristiano Ronaldo dengan 192 juta paun, lalu Alvaro Morata dengan 167 juta paun, dan Kylian Mbappe dengan 163 juta paun.

  • Bagikan
close