Berduka: Andi Darussalam Tabusalla, Mantan Manajer Timnas Indonesia Meninggal Dunia

  • Bagikan
Berduka: Andi Darussalam Tabusalla, Mantan Manajer Timnas Indonesia Meninggal Dunia
Berduka: Andi Darussalam Tabusalla, Mantan Manajer Timnas Indonesia Meninggal Dunia

Mantan menajer tim nasional sepakbola Indonesia, Andi Darussalam Tabusalla, meninggal dunia. Almarhum meninggal dunia karena komplikasi penyakit.

Andi Darussalam Tabusalla meninggal dunia di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar, pukul 23.35 WITA atau 22.35 WIB.

Jenazah Andi Darussalam Tabusalla, telah dibawa ke rumah duka di Jalan Hertasning, Kecamatan Rappocini, kota Makassar, Sulsel, pada Selasa (17/8) dini hari. Almarhum sebelumnya sempat menjalani perawatan medis selama 17 hari di RS Wahidin Sudirohusodo, Makassar.

Menurut anak almarhum, Devo Khaddafi, ayahnya sempat melawan COVID-19 dan akhirnya dinyatakan sembuh setelah 14 hari di RS. Namun, tiga hari berikutnya, komorbid atau penyakit penyerta yang telah diderita almarhum sejak lama yang menyebabkannya meninggal dunia.

“Jadi awalnya itu beliau pada tanggal 1 Agustus kemarin kena COVID-19, tetapi setelah dibawa ke rumah sakit dirawat kurang lebih dua minggu, Alhamdulillah beliau sudah dinyatakan negatif. Jadi tiga hari lalu itu beliau sudah dinyatakan negatif dan dua kali hasil swab mengatakan beliau negatif. Ternyata komorbid atau penyakit bawaan yang ada sama bapak baik itu jantung, ginjal, diabet-nya itu jadi komplikasi yang sulit bagi bapak lewati lagi,” ujar Devo Khaddafi di rumah duka, Selasa (17/8/2021) dini hari.

BACA JUGA:  Kalah 3-0, PSSI Minta Shin Tae-yong Perbaiki Masalah Timnas Indonesia U-23

“Dan malam ini tanggal 16 Agustus pukul 23.35 Indonesia bagian tengah, bapak menghembuskan nafas terakhir di tengah-tengah keluarga di rumah sakit Wahidin Makassar,” kata Devo.

“Perawatan kurang lebih 17 hari, jadi beliau masuk mulai tanggal 1 Agustus dan usianya 70 tahun,” tutur Devo.

BACA JUGA:  Mantap, MotoGP Indonesia Jadi Berkah Bagi UMKM & Parawisata

Andi Darussalam Tabusalla, yang lahir di Surabaya pada 25 Agustus 1950, pernah menjadi pengurus sejumlah klub. Di antaranya Arema dan PSM Makassar.

Andi Darussalam Tabusalla juga pernah menjadi manajer Timnas Indonesia saat berkiprah di Piala Asia di Jakarta pada 2007 dan Piala AFF 2010.

Jenazah Akan Dimakamkan Hari Ini

Jenazah Andi Darussalam Tabusalla sudah dibawa ke rumah duka di Jalan Hertasning, kota Makassar, Sulsel. Jenazah rencananya akan dishalatkan di Masjid HM Asyik, sebelum dimakamkan.

Jenazah almarhum dibawa menggunakan ambulance dari RS Wahidin menuju ke rumah duka untuk disemayamkan pada Selasa (17/8) dini hari WIB. Pihak keluarga dari almarhum telah menentukan untuk memakamkan jenazah pada Selasa siang ini.

BACA JUGA:  Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Tahun 2021 di Papua Akan Digelar Sesuai Rencana

Meski telah menentukan waktu pemakaman, pihak keluarga masih akan berdiskusi terkait lokasi tempat peristirahatan terakhir almarhum yang akan dipilih. Jenazah sendiri akan diantar seluruh pihak keluarga dari rumah duka untuk disalatkan di Masjid lalu dimakamkan.

“Keluarga masih berembuk (dimakamkan dimana), untuk waktu sudah ditentukan besok (hari ini Selasa) ba’da Lohor akan dikebumikan,” ujar anak almarhum, Devo Khaddafi, pada Selasa (17/8/2021).

“Sebelumnya (dimakamkan) akan bersama seleruh keluarga melepas beliau di rumah duka jalan Hertasning nomor 52 A, kemudian ke Masjid HM Asyik untuk melaksanakan Salat Lohor,” kata Devo.

“Setelah itu, ke pemakaman tapi kami masih berembuk,” lanjut Devo

  • Bagikan
close