Dua Pemain Timnas Yang Selalu Dimainkan Sebagai Pemain Kunci

  • Bagikan

Timnas Indonesia sudah melakoni 10 pertandingan selama 2021. Dari laga dengan empat kemenangan itu ada dua pemain Garuda Merah Putih yang tampil di semua pertandingan.

Shin Tae Yong, pelatih Timnas Indonesia, memulai debutnya bersama Timnas Indonesia dengan melawan Afghanistan pada 25 Mei 2021. Ketika itu Shin memanggil pemain yang direkomendasikan Direktur Teknik PSSI karena kompetisi sedang tidak berjalan.

Dengan komposisi tersebut Timnas Indonesia lantas menelan tiga kekalahan dan sekali imbang. Tiga di antaranya adalah laga Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada fase ini ada lima pemain yang selalu tampil, baik inti atau pengganti.

Saat tampil di play off Kualifikasi Piala Asia 2023, Shin memanggil daftar pemain yang berbeda. Pemain-pemain ini dipantau Shin langsung dari Liga 1 2021/2022. Shin bahkan menyebut ini kali pertama skuad Timnas Indonesia murni pilihannya.

BACA JUGA:  Netizen Bingung Shin Tae-yong Ngebet Naturalisasi Kiper Bukan Striker

Hasilnya empat kemenangan dan hanya sekali kekalahan diraih. Pada fase ini tinggal tersisa tiga pemain yang selalu tampil di setiap pertandingan. Berikut ini adalah dua pemain yang main dalam 10 laga Timnas Indonesia.

1.Evan Dimas

Pemain Bhayangkara FC yang dipercaya menjadi kapten Timnas Indonesia oleh Shin sejak 3 Juni 2021 ini tak pernah absen dalam 10 laga. Evan awalnya jadi pengganti saat melawan Afghanistan (25/6), tetapi jadi pemain inti pada laga berikutnya.

Evan kembali jadi cadangan dalam uji coba terakhir Timnas Indonesia dalam pemusatan latihan di Turki, melawan Antalyaspor pada Minggu (28/11). Karena pertandingan berakhir 0-0 pada babak pertama, Evan dan beberapa pemain tampil pada babak kedua.

BACA JUGA:  Haruna Soemitro: Saya Menyampaikan Aspirasi, Kemudian Saya Di-bully

Dari total 10 pertandingan selama 2021 tersebut, Evan yang berposisi sebagai gelandang tampil menjadi top skor. Pemain asal Surabaya ini mengoleksi empat gol. Evan unggul satu gol dari Witan Sulaeman dan Ricky Kambuaya yang mencetak tiga gol.

2.Pratama Arhan

Sama seperti Evan, Pratama awalnya tampil menjadi pemain cadangan saat menghadapi Afghanistan (25/5). Selepas laga tersebut pemain PSIS Semarang jadi pilihan utama Shin dan tak tergantikan saat tampil di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Pratama kembali menjadi cadangan saat melawan Taiwan (7/10). Ia baru masuk pada babak kedua setelah Miftah Anwar Sani tak bisa melanjutkan laga karena cedera. Adapun pada leg kedua melawan Taiwan Pratama main penuh 90 menit.

BACA JUGA:  Ditanya Soal Kritik Haruna, Shin Tae-yong: Terima Kasih Suporter Telah Dukung Kami

Selain Evan dan Pratama, sejatinya ada empat pemain yang selalu jadi pilihan Shin. Keempat pemain tersebut adalah Egy Maulana Vikri, Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, dan Kushedya Hari Yudo. Dari keempatnya, tiga di antaranya tampil sembilan kali.

Egy tak bisa tampil di 10 laga Timnas Indonesia karena harus membela klubnya, FK Senica, di luar kalender internasional. Adapun Witan dan Asnawi tak tampil sekali karena datang menyusul, sedangkan Kushedya jadi cadangan saat melawan Afghanistan (16/11).

Sumber : CNNindonesia.com

  • Bagikan
close