Diresmikan Februari, Berikut 7 Kecanggihan Jakarta International Stadium

  • Bagikan

Progres pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) telah mencapai angka lebih dari 90 persen. Stadion yang terletak di Jakarta Utara ini diklaim menjadi salah satu stadion termegah di dunia.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan dikabarkan akan segera meresmikannya pada bulan Februari mendatang yang akan akan dihadiri pula Presiden RI Joko Widodo.

Meski belum seratus persen rampung, namun MURI telah memberikan penghargaan pada tiga kategori, yaitu Lifting Struktur Atap Stadion dengan Bobot Terberat, stadion pertama yang menggunakan sistem atap buka-tutup, serta stadion green building dengan sertifikasi platinum pertama.

BACA JUGA:  Inzaghi Senang Dengan Kemenangan Inter menjamu Shakhtar Donetsk

Kehadiran JIS telah ditunggu-tunggu masyarakat Jakarta khususnya pendukung Persija. Venue tersebut memiliki kapasitas tempat duduk sebanyak 82.000 penonton.

Jumlah tersebut bahkan mengalahkan Stadion Utama Gelora Bung Karno yang hanya dapat menampung 76.000 penonton. Dengan demikian, jumlah itu menjadikan JIS sebagai stadion terbesar di Indonesia.

Hebatnya lagi, Stadion ini dibuat dengan Atap model buka-tutup seperti kandang Real Madrid, Santiago Bernabeu, yang kini sedang proses renovasi.

Lebih lanjut, konsep pembangunan JIS telah dirancang oleh Pemprov DKI sejak 2010. Rencananya, bangunan tersebut akan menjadi fasilitas baru untuk memajukan olahraga sepakbola di Tanah Air.

BACA JUGA:  Jadi Juru Kunci, Timnas Indonesia Dipastikan Main di Play-off Piala Asia 2023

Namun harus diketahui, stadion yang sudah mendapatkan tiga rekor muri ini memiliki kecanggihan maupun fitur unggulan untuk memukau para penonton yang hadir nantinya.

Berikut daftar kecanggihan yang dimiliki JIS:

Sistem Audio

JIS bakal dilengkapi dengan sistem audio berteknologi canggih yang mendukung untuk menggelar konser-konser besar.

Atap Bisa Terbuka atau Retractable Roof

Stadion yang berada di Jakarta Utara ini tak hanya menggelar pertandingan sepakbola saja, melainkan juga event besar lainnya seperti exhibition maupun konser musik.

Lampu Mengikuti Ritme Musik

BACA JUGA:  Gelar Uji Coba di Stadion Indomilk Arena, Rans Cilegon FC Dibekuk Persita 2 Gol Tanpa Balas

Lampu di JIS memiliki keunggulan mengikuti ritme suara saat konser musik.

Pencahayaan LED di Dinding

Teknologi tersebut diklaim dapat membuat JIS terlihat atraktif seperti halnya Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

Rumput Alami Tanpa Pestisida

JIS akan menjadi stadion pertama di Indonesia yang akan menggunakan rumput hybrid atau perpaduan antara rumput sintetis dan rumput alami.

Fasilitas Unggulan

Pengerjaan pembangunan fitur unggulan stadion JIS saat ini sudah memasuki tahap finishing.

Ramah Disabilitas

Dari kapasitas 82.000 tempat duduk, 200 di antaranya bakal dirancang khusus untuk penyandang disabilitas.

  • Bagikan
close