Juara Piala Asia dan Asian Games! Kim Hak-Bum di Kabarkan Segera Bela Malaysia

  • Bagikan
Juara Piala Asia dan Asian Games! Kim Hak-Bum di Kabarkan Segera Bela Malaysia
Juara Piala Asia dan Asian Games! Kim Hak-Bum di Kabarkan Segera Bela Malaysia

Kegagalan Malaysia di Piala AFF 2020 benar-benar membuat Malaysia geram.

Pelatih yang sudah membela Malaysia selama 14 tahun yaitu Cheng Hoe kini dipecat dan kabarnya Malaysia sedang mengincar pelatih baru asal Korea Selatan bernama Kim Hak-Bum.

Kim Hak-bum merupakan pelatih yang cukup terkenal di Korea Selatan meskipun dia tak memiliki karier bermain yang impresif.

Sebab, sebagian besar kariernya saat masih aktif bermain dihabiskan bersama klub amatir Korea Selatan, Kookmin Bank FC, mulai tahun 1980 hingga 1991.

BACA JUGA:  Gercep, FAM dan Operator Liga Langsung Atur Ulang Jadwal Demi Pemain ke Timnas Malaysia U-23

Pada tahun 1992, ia memutuskan untuk gantung sepatu dan melatih klubnya tersebut hingga 1997. Pada akhir tahun, klubnya mengalami peleburan.

Lelaki kelahiran Gangneung ini sempat bekerja sebagai karyawan Kookmin Bank selama beberapa bulan. Selama itu pula, dia mencatatkan penjualan terbaik di kantor cabang.

Pada September 1998, dia pindah ke Seongnam Ilhwa Chunma untuk bekerja sebagai pelatih. Di sana, dia belajar banyak dari Cha-Kyung-Bok, mantan pelatih Seongnam Ilhwa Chunma.

Pekerjaannya di sana sebagai pelatih berakhir pada tahun 2005. Setelah itu, dia sempat bekerja sebagai manajer di klub tersebut.

BACA JUGA:  Parah Saddil Ramdani Tinggalkan Timnas Indonesia U-23, Netizen : Kerugian Besar, Tak Ada Saddil dan Elkan Baggott !

Selama mengasuh Seongnam, Kim sukses mengantarkan anak asuhnya meraih gelar juara K League 1 musim 2006 dan FA Cup pada 2014.

Pada tahun 2010, Kim sempat ditunjuk sebagai manajer klub Liga Super China, Henan Construction. Namun, karena rekor buruk yang dicatatkan timnya, dia dipecat pada 23 Mei 2011.

Setelah itu, dia berturut-turut bekerja sebagai manajer Gangwon FC, Seongnam FC, dan Gwangju FC.

Lelaki yang kini berusia 61 tahun itu sempat melatih timnas Korea Selatan U-23 yang tampil di ajang Asian Games 2018. Pada gelaran ini pula, ia sukses mempersembahkan medali emas untuk Son Heung-min dkk.

BACA JUGA:  SK PSSI Bertentang dengan Kebijakan FIFA dan AFC, Marko Simic Akan Menang Lawan Persija di FIFA

Pencapaiannya yang paling baru ialah meraih gelar juara bersama timnas Korsel U-23 pada ajang Piala Asia U-23 2022.

Gelar itu diperoleh setelah tim asal Negeri Ginseng ini menumbangkan Arab Saudi pada partai final lewat drama tambahan waktu.

Sangat menarik untuk di ikuti apakah Malaysia segera mendapatkan jasanya.

  • Bagikan
close