Naturalisasi Terlalu Lama, Inisiatif Shin Tae-yong Benar-benar Cerdas

  • Bagikan
Naturalisasi Terlalu Lama, Inisiatif Shin Tae-yong Benar-benar Cerdas
Naturalisasi Terlalu Lama, Inisiatif Shin Tae-yong Benar-benar Cerdas

Para pemain keturunan Indonesia kini mulai banyak yang dipanggil untuk membela Timnas Indonesia.

Timnas Indonesia yang awalnya cukup tertutup untuk masalah naturalisasi namun kedatangan Shin Tae-yong merubah segalanya.

Apa yang dikatakan Shin Tae-yong soal mengubah sistem sepak bola Indonesia nampaknya sangat terlihat saat ini, kini Timnas Indonesia tak lagi menutup pintu untuk para keturunan Indonesia yang ingin memperkuat Timnas Indonesia.

BACA JUGA:  Jelang Hadapi Vietnam, Timnas Indonesia Semakin Percaya diri

Bahkan sudah ada 4 pemain yang kini semakin dekat dengan Timnas Indonesia dan akan segera di naturalisasi, keempat pemain tersebut adalah Sandy Walsh, Jordi Amat, Meet Hilgers dan Ragnar Oratmangoen.

Ditanya mengenai perkembangan naturalisasi keempat pemain tersebut, Shin Tae-yong mengatakan dengan jujur apa yang terjadi.

BACA JUGA:  Timnas Indonesia U-23 Dicurangi, Shin Tae-yong : Tuan Rumah Harusnya Fair !

“Sampai November tahun kemarin sudah dapat laporan akan cepat di urus mengenai pemain naturalisasi,” ujar Shin Tae-yong.

“Namun, saat ini, memang belum ada laporan apa-apa dan progresnya seperti apa.” lanjut Shin Tae-yong.

Melihat naturalisasi yang cukup lambat, Shin Tae-yong berinisiatif untuk melakukan komunikasi dengan para pemain yang siap di naturalisasi.

BACA JUGA:  Beritakan 4 Pemain yang Akan Dinaturalisasi Indonesia, Media Malaysia Ketar-ketir!

Hal itu tentu membuat pemain sangat tersanjung dan merasa sangat dibutuhkan.

“Namun, kami melakukan komunikasi dengan pemain-pemain naturalisasi, dan mereka bilang sudah lengkap dokumen-dokumennya,” ujar Shin Tae-yong.

“Mungkin, saat ini, saatnya PSSI dan pemerintah yang memberikan bantuan (turun tangan),” tutur mantan pelatih timnas Korea Selatan itu lagi.

  • Bagikan
close