Beda Jauh! Inilah Perubahan Ranking FIFA Indonesia Sebelum dan Sesudah Dilatih Shin Tae-yong

  • Bagikan
Beda Jauh! Inilah Perubahan Ranking FIFA Indonesia Sebelum dan Sesudah Dilatih Shin Tae-yong
Beda Jauh! Inilah Perubahan Ranking FIFA Indonesia Sebelum dan Sesudah Dilatih Shin Tae-yong

Timnas Indonesia rasanya sangat beruntung memiliki pelatih yang sudah berkiprah di Piala Dunia seperti Shin Tae-yong.

Dengan pengalamannya yang segudang bahkan berhasil mengalahkan Jerman 2-0 saat melatih Timnas Korea Selatan membuat Shin Tae-yong memang layak disebut salah satu pelatih terbaik di Asia.

Sempat ditawari gaji dari klub China 3 kali lipat dari gajinya di Indonesia, namun Shin Tae-yong menolak dan memilih ke Indonesia yang membebaskannya mengatur Timnas Indonesia.

BACA JUGA:  Ketua Umum PSSI Bantah Omongan Haruna Soemitro Soal Shin Tae-Yong

Alih-alih fokus kepada cara mendapatkan gelar, Shin Tae-yong fokus ke mengubah sistem Timnas Indonesia mulai dari makanan, kedisiplinan, tenaga dan lain-lainnya.

“Sebenarnya saya ke Indonesia untuk mengubah sistem sepak bolanya. Daripada terlalu menitikberatkan pada prestasi. Saya berpikir akarnya harus kuat, agar ke atasnya juga kuat,” ujar Shin Tae Yong.

BACA JUGA:  Demi Negara! Persija Bangga Kirim 5 Pemain Untuk Timnas Indonesia U-23

“Tidak bisa hanya membebankan prestasi di kancah senior kepada pelatih. Sebelum saya masuk, Indonesia adalah tim dengan rata-rata pemain tertua di Asia Tenggara.”

“Tapi sekarang di tangan saya rata-ratanya 21,5 tahun. Tim seniornya rata-rata berumur 21,5 tahun. Saya benar-benar merekrut pemain-pemain muda,” ucap pelatih asal Korea Selatan itu.

BACA JUGA:  Timnas Malaysia Menang 1-2 Atas Thailand, Indonesia Kena Ledek

Kedatangan Shinn Tae-yong melatih Timnas Indonesia memberikan dampak yang sangat besar, sebelum sang pelatih berkebangsaan Korea Selatan itu datang Timnas Indonesia berada di rank 175 FIFA.

Dalam waktu beberapa bulan Shin Tae-yong sudah membuat Timnas Indonesia naik ke rank 160 FIFA, tentu sebuah pencapaian yang sangat membanggakan.

  • Bagikan
close