Media Online Olahraga & Hiburan Indonesia

Bagus Kahfi Tolak Naturalisasi, Exco PSSI: STY Incar Pemain Keturunan yang Levelnya Diatas Pemain Lokal

Bagus Kahfi Tolak Naturalisasi, Exco PSSI: STY Incar Pemain Keturunan yang Levelnya Diatas Pemain Lokal
Bagus Kahfi Tolak Naturalisasi, Exco PSSI: STY Incar Pemain Keturunan yang Levelnya Diatas Pemain Lokal

Bagus Kahfi sempat menghebohkan media sepak bola Indonesia atas opininya soal naturalisasi pemain keturunan yang dilakukan oleh Shin Tae-yong.

“Menurut pandangan saya, kalau misal ada beberapa naturalisasi atau pemain keturunan itu pasti bisa membantu timnas kita lebih baik lagi,” ucap Bagus, dalam Kanal Youtube KR TV.

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang

“Cuman kita kan ada 200 juta lebih ya penduduk Indonesia, sebesar itu, masa kita tidak bisa menemukan 23 pemain yang bisa membawa Indonesia lebih jauh lagi,” lanjut pemain Timnas Indonesia berusia 20 tahun itu

BACA JUGA:  Bintang Timnas Indonesia, Egy Menjalani Laga Debutnya bersama FC ViOn Zlate Moravce

“Ya, iyalah [itu jalan pintas]. Tidak tahu juga sih. Negara kita besar, pemain kita banyak, masa tidak percaya sama pemain-pemain Indonesia asli tanpa keturunan,” lanjutnya.

“Saya tidak ada masalah sama hal itu. Tapi pertanyaan saya cuma, masa 200 juta penduduk Indonesia tidak bisa membawa Indonesia lebih jauh lagi, kan pemain kita banyak banget,” jelas Bagus.

“Kita semua pemain juga percaya bahwa kita mampu untuk itu semua. Masa setidak ada itu buat naturalisasi pemain-pemain dari luar,” tandas mantan pemain barito Putera itu.

BACA JUGA:  Membanggakan, PSM Makassar Jadi Tim Indonesia Pertama yang Capai Final AFC Cup 2022 Zona Asia Tenggara

Atas ramainya pernyataan Bagus Kahfi tersebut, Hasani Abdulgani selaku Exco PSSI menyatakan bahwa Shin Tae-yong hanya cari pemain keturunan yang levelnya diatas pemain lokal.

“Prinsip dia begini. Dia tidak mau merekrut asal-asalan kalau kualitas pemainnya tidak memenuhi syarat,” kata Hasani ketika dihubungi Bolacom beberapa waktu lalu.

“Dia tidak mau pemain yang dinaturalisasi levelnya masih masa dengan pemain lokal. Dia mau pemain itu levelnya di atas pemain Indonesia,” terang Hasani.

Permintaan Shin Tae-yong juga ditinjau kembali oleh PSSI dan Menpora, kalau dirasa tidak perlu ya maka naturalisasi tak jadi dilakukan.

BACA JUGA:  Pernyataan Haruna Soemitro Mengenai Shin Tae-Yong di Kritik Sekjen PSSI

“Saya bilang, saya juga sepakat dengan pemikirannya. Kalau dia merekomendasikan pemain asal-asalan, saya tidak setuju,” imbuh Hasani.

Kini ada pemain keturunan baru yang siap dinaturalisasi, pemain tersebut bernama Shayne Pattynama.

“Shayne Pattynama pemain asal Belanda, sekarang bermain di klub Viking FK (Liga 1 Norwegia). Ayahnya lahir di Semarang. Pattynama sudah mengirim surat pernyataan bersedia bermain untuk Timnas serta dokumen pendukung lainnya. Welcome to the board.” tulis Hasani Abdulgani di Instagram.

close