Kerja sama dengan Jepang, Takeshi Okada Siap bantu Shin Tae-yong Kembangkan Sepakbola Indonesia

  • Bagikan
Kerja sama dengan Jepang, Takeshi Okada Siap bantu Shin Tae-yong Kembangkan Sepakbola Indonesia
Kerja sama dengan Jepang, Takeshi Okada Siap bantu Shin Tae-yong Kembangkan Sepakbola Indonesia

Indonesia dan Jepang sedang mempelajari potensi kerjasama di mana mantan pelatih tim nasional Jepang Takeshi Okada didatangkan untuk proyek tersebut.

Sesuai kerjasama J.League Indonesia, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) akan dibantu oleh pemain Jepang yang sudah lama berkarir di Liga Indonesia, Shohei Matsunaga untuk berkomunikasi dengan klub-klub lokal yang berminat belajar dari Takeshi.

Mantan pelatih Timnas Jepang, Takeshi Okadai digadang-gadang akan ke Indonesia untuk membantu sepak bola Tanah Air.

Kabar ini dimulai saat akun Twitter @indo_jleague menulis beberapa informasi sial Okada. Beberapa di antaranya ialah:

“Indonesia dan Jepang sedang menjajaki potensi kerjasama untuk pengembangan sepak bola di Indonesia dengan eks pelatih Timnas Jepang yang sukses membawa Samurai Biru ke Piala Dunia untuk pertama kalinya, Takeshi Okada.”

BACA JUGA:  Skenario Persib Saat Liga 1 2021 Jika Pemain Positif Covid-19

“Pihak KBRI dan eks pemain sepak bola Jepang yang lama berkarier di Indonesia, Shohei Matsunaga akan membantu memfasilitasi Takeshi Okada untuk bertemu dengan klub-klub Indonesia yang tertarik bekerja sama,” tulisnya.

“Target implementasinya masih tahun depan, tapi harapannya sudah ada penjajakan mulai tahun ini,” lanjut akun tersebut.

Takeshi Okada lahir di Osaka, Jepang, pada 25 Agustus 1956. Karier sepak bolanya dimulai sejak 1972 saat ia mengenyam pendidikan di Sekolah Tinggi Tennoji selama 2 tahun.

Setelahnya, Okada yang diterima di Universitas Waseda bermain untuk kampusnya. Selama tiga tahun, Okada bermain dan akhirnya dilirik oleh Furukawa Electric.

BACA JUGA:  Senasib dengan Shin Tae-yong, Pelatih Malaysia U-23 Dituntut Segera Keluar Dari Kursi Kepelatihan

Selama 10 musim di Furukawa, Okada mencatatkan 189 penampilan. Sebagai seorang bek, ia mencetak 9 gol selama karier di klub tersebut.

Menariknya, selama menjadi pemain profesional, Furukawa adalah satu-satunya tim yang dibela Okada. Sisanya, ia adalah pemain Timnas Jepang di era 1980 hingga 1985 dengan 24 caps dan 1 gol.

Setelah pensiun dari sepak bola, Okada kembali ke lapangan hijau tujuh tahun kemudian. Pada masa baktinya yang kedua, ia langsung menangani Timnas Jepang.

Di bawah asuhannya, tim Samurai Biru langsung melenggang ke Prancis. Itu adalah kali pertama Jepang bermain di Piala Dunia 1998.

BACA JUGA:  Anggaran Terbatas, NOC Indonesia Kurangi Jumlah Atlet dan Ofisial di Sea Games 2021

Pencapaian Okada kemudian membikin sepak bola Jepang bergairah. Di edisi berikutnya, Jepang kembali mentas di Dunia terlepas mereka adalah tuan rumah di edisi 2002.

Setelah di Piala Dunia, Okada melatih beberapa klub di Jepang. Beberapa di antaranya Consadole Sapporo (1999-2001), Yokohama Marinos (2003-2006), dan kembali menukangi Timnas Jepang pada 2007-2010.

Di edisi 2010, Okada kembali membikin sejarah buat Timnas Jepang karena mengantar anak asuhnya lolos ke 16 besar. Saat itu di fase grup, Jepang menang 1-0 atas Kamerun dan 3-1 atas Denmark.

Setelahnya, Okada kembali menjadi pelatih klub Hangzhou Greentown pada 2012-2013. Dan hingga kini, ia tak menjabat sebagai pelatih.

  • Bagikan
close