Timnas Indonesai U-16 Terus Digenjot, Kali Ini Adakan Tes Psikotes !

  • Bagikan
Timnas Indonesai U-16 Terus Digenjot, Kali Ini Adakan Tes Psikotes
Timnas Indonesai U-16 Terus Digenjot, Kali Ini Adakan Tes Psikotes

Tak hanya fisik saja yang menjadi poin penting Timnas Indonesia U-16 selama mengikuti TC atau pemusatan latihan.

Ternyata kecerdasan otak dan karakter pemain menjadi salah satu asupan yang diberikan oleh Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti.

Seluruh punggawa Timnas Indonesia U-16 mengikuti psikotes di Hotel Mercure Batavia, Jakarta, Jumat (11/3). Tes ini dipimpin langsung oleh BIma Sakti bersama dengan Laksmiari Saraswati yang juga pernah menjadi psikolog bagi tim U-16 Indonesia masa Fakhri Husaini.

BACA JUGA:  Siapa tokoh utama dibalik kemenangan hebat Indonesia (2-1) atas Kuwait?

Bukan tanpa alasan psikotes ini diadakan. Bima Sakti sendiri berharap dengan adanya tes tersebut, dirinya bisa mengetahui seberapa cerdas para pemainnya.

Tak hanya cerdas, karakteristik pemain juga akan terlihat setelah melakukan tes tersebut. Ia berharap dengan mengetahui kecerdasan dan karakter pemain, dirinya bisa meracik skuad Timnas Indonesia U-16 dengan baik.

“Sebagai pelatih mungkin saya bisa memotivasi pemain. Akan tetapi, untuk membangun dan menjaga mental mereka, saya butuh bantuan dari psikolog yang mengisi kegiatan ini. Test ini juga untuk melihat karakter para pemain. Sebab sepak bola tak hanya bicara soal kemampuan fisik pemain, tapi intelejensia mereka pun harus kita ketahui.” kata Bima Sakti.

BACA JUGA:  Dihujat Netizen Negara Sendiri, Perkataan Bagus Kahfi Ini Bikin Gaduh!

“Dengan test ini saya dan tim pelatih jadi mengetahui sejauh mana tingkat kecerdasan pemain dalam menyerap latihan taktik (secara cepat) yang kami berikan. Saya harapkan nanti hasilnya semua baik, pemain melakukannya dengan tertib, dan semua pemain turut ikut menjalani test ini,” lanjutnya.

BACA JUGA:  PSSI Tak Gentar Hadapi Gugatan Oknum Perihal Persipura Jayapura yang Terdegradasi

Laksmiari juga mengatakan hal senada dengan Bima Sakti. Menurutnya tes seperti ini sangat penting untuk mengetahui dengan detail apa yang dimiliki pemain tersebut.

“Proses psikotes ini bisa juga untuk mengenal sisi psikologis seorang pemain da juga membantu pelatih dalam perekrutan serta menantukan calon pemain di kemudian hari,” tuturnya.

“Psikotes sifatnya sangat penting untuk mengetahui pola perilaku, pola pikir, serta karakteristik atau sifat seorang pemain sepak bola,” sambungnya.

  • Bagikan
close