Garuda Muda Taklukkan Ghana dengan Skor Tipis 1-0

  • Bagikan
Gauda Muda Taklukkan Ghana dengan Skor Tipis 1-0
Gauda Muda Taklukkan Ghana dengan Skor Tipis 1-0

Timnas U19 Indonesia sukses memetik kemenangan perdana pada Turnamen Toulon 2022 usai menaklukkan Ghana pada laga lanjutan Grup B.

Timnas U19 Indonesia bersua timnas U20 Ghana pada pertandingan kedua Grup B Turnamen Toulon 2022 atau yang kini bernama resmi Maurice Revello Tournament.

Laga timnas U19 Indonesia vs Ghana di Toulon Cup 2022 tersebut digelar di Stade Jules-Ladoumegue, Vitrolles, Perancis, pada Kamis (2/6/2022) malam WIB.

Timnas U19 Indonesia berhasil mengalahkan timnas U20 Ghana dengan skor 1-0. Gol tunggal kemenangan skuad Garuda Nusantara dicetak oleh Raka Cahyana pada menit ke-58.

Timnas U20 Ghana besutan Abdul-Karim Zito lebih banyak menekan pada babak pertama. Akan tetapi, tekanan The Black Satellites tak ada yang membuahkan gol.

Serangan pertama Ghana langsung berujung pada tembakan tepat sasaran. Kiper Cahya Supriadi yang kembali berdiri di bawah mistar gawang Indonesia mampu menepis sepakan keras jarak dekat pemain lawan.

Beberapa menit kemudian, kans pemain Ghana menerpa mistar. Cahya Supriadi lalu bisa mengamankan bola setelah berduel dengan pemain lawan.

BACA JUGA:  Dianggap Biang Kegagalan Prancis, Mbappe Minta Maaf

Hingga 11 menit laga babak pertama bergulir, Cahya Supriadi tercatat membuat tiga penyelamatan.

Timnas U19 Indonesia yang dilatih oleh Bima Sakti dan Dzenan Radoncic baru bisa lepas dari tekanan pada pertengahan babak pertama.

Alfriyanto Nico coba membuat kombinasi dengan Hokky Caraka. Namun, upaya mereka bisa diredam oleh lini pertahanan Ghana.

Tak berselang lama, Ronaldo Kwateh bisa mendapatkan bola di dalam kotak penalti lawan. Akan tetapi, pemain belakang Ghana bisa melakukan tekel untuk membuang bola.

Pada akhir babak pertama, Hokky Caraka mendapat peluang emas dalam situasi satu lawan satu dengan kiper lawan. Akan tetapi, Hokky gagal memanfaatkan peluang itu.

Skor imbang 0-0 pun menutup babak pertama laga timnas U19 Indonesia vs Ghana pada lanjutan Grup B Turnamen Toulon 2022.

Pada menit ke-58, serangan cepat timnas U19 Indonesia yang dimotori Hokky Caraka di sayap kanan berhasil membuahkan gol.

BACA JUGA:  Berani Keluar dari Zona Nyaman! Bintang PON Papua Ini Bergabung Liga Thailand

Umpan silang Hokky Caraka tak mampu diantisipasi secara sempurna oleh kiper Ghana, Vincent Anane. Bola kemudian bisa direbut oleh Raka Cahyana Rizky yang beridri di dalam kotak penalti.

Sepakan Raka Cahyana menjebol gawang Ghana dan membuat timnas U19 Indonesia memimpin 1-0 atas Ghana.

Tak lama kemudian, Ghana balik mengancam untuk mencetak gol penyama skor. Namun lagi-lagi, Cahya Supriadi melakukan save krusial untuk menjaga gawang Garuda Nusantara tetap aman.

Tertinggal satu gol, Ghana semakin gencar menyerbu pertahanan Indonesia. Muhammad Ferarri dan Cahya Supriadi harus berjibaku mengamankan gawang Garuda Nusantara.

Pada menit ke-73, Hokky Caraka berlari kencang menusuk pertahanan Ghana untuk menyambut sebuah umpan daerah. Namun, eksekusi Hokky dari sudut sempit bisa ditepis kiper lawan, Vincent Anane.

Tak berselang lama, Abdul Abdullah Razak lepas dari jebakan offside lini belakang Indonesia sehingga tinggal berhadapan dengan kiper. Beruntung bagi Indonesia, sepakan Abdul Razak melambung di atas mistar gawang Cahya Supriadi.

BACA JUGA:  Alhamdulillah Liga Malaysia Rubah Jadwal, Saddil Ramdani Bisa Gabung Timnas Indonesia U-23

Ghana terus berupaya mencetak gol penyama kedudukan pada sisa waktu babak kedua. Sementara itu, timnas U19 Indonesia mengandalkan serangan balik untuk merusak konsentrasi lini pertahanan lawan.

Di tengah gempuran lawan, Muhammad Ferarri dkk mampu mempertahankan keunggulan. Skor akhir, timnas U19 Indonesia menang 1-0 atas Ghana.

Hasil Turnamen Toulon 2022 ini membuat Indonesia mencatatkan kemenangan perdana pada turnamen sepak bola untuk level U17 hingga U23 tersebut.

Starting XI Timnas U19 Indonesia Vs Ghana
Indonesia (4-2-3-1):1-Cahya Supriadi (PG); 2-Ahmad Rusadi, 4-Muhammad Ferarri, 14-Raka Cahyana Rizky, 11-Edgard Amping; 8-Arkhan Fikri, 13-Dimas Pamungkas; 21-Alfriyanto Nico, 20-Razzaa Fachrezi, 7-Ronaldo Kwateh; 10-Hokky Caraka

Pelatih: Bima Sakti-Dzenan Radoncic

Ghana (4-3-3): 16-Vincent Anane (PG); 22-Eugene Amankwah, 19-Aaron Essel, 5-Boahen Kwabena, 21-Kelvin Abrefa; 14-Samari Salifu, 4-Alex Opoku, 8-Baafi Amankwah; 20-Abdul Abdullah, 18-Isaac Mensah, 17-Mustapha Abdullah

Pelatih: Abdul-Karim Zito

  • Bagikan
close