Media Online Olahraga & Hiburan Indonesia

Pemerintah Janjikan PSSI Lahan 30-50 Training Camp

Pemerintah Janjikan PSSI Lahan 30-50 Training Camp
Pemerintah Janjikan PSSI Lahan 30-50 Training Camp

NEXTSPORT.ID – PSSI Infonya akan mendapat jatah fasilitas pusat latihan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Luas wilayah disebut mencapai 30-50 hektar.


Rencana tentang training camp itu disampaikan oleh Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali saat menemui Presiden RI Joko Widodo dan Ketum PSSI Mochamad Iriawan di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (3/8/2022).

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang

Pemerintah memang ingin mendirikan training camp untuk sepakbola, yang juga termasuk dalam fasilitas olahraga di IKN. Hal Ini berkaitan erat Indonesia sebagai tuan rumah Olimpiade 2036 nanti. Andai saja Indonesia terpilih menjadi tuan rumah, IKN akan menjadi tempat Olimpiade.

BACA JUGA:  Ngotot dan Berpengalaman! Indonesia Bisa Kalah Jika Tak Jaga 3 Pemain Timor Leste Ini

Kabar ini pun disambut bahagia oleh Iwan Bule selaku Ketum PSSI. ia mengaku bahagia pemerintah mulai memperdulikan dengan kemajuan olahraga Indonesia, khususnya bidang sepakbola.

Dan lahan yang dijanjikan akan lebih besar dari yang diinginkan PSSI di awal, adalah sekitar 15 hektar. Presiden RI menjanjikan PSSI akan mendapat jatah tanah seluas hingga 50 hektar.

“Jadi Pak Presiden menyampaikan pada saya, ‘butuh berapa hektare?’ Saya bilang 15 hektar. Lalu Pak Presiden bilang 30 sampai 50 hektare akan disiapkan di IKN.

BACA JUGA:  Timor Leste Rusak Rekor Kemenangan Timnas Indonesia U-16 Usai Menang 10 : 0

Untuk tempatnya nanti kita tunggu perintah pak presiden. Nanti kita akan tinjau ke sana juga. Jarak tempuhnya hanya satu jam dari Sepinggan, Balikpapan.

Pak Presiden akan menerapkan sarana lengkap di training center sana. Beliau ingin ada tujuh lapangan, lengkap dengan kolam renang dan fasilitas lainnya,” ujar Iriawan dalam perbincangan dengan media via zoom.

“Kita tunggu arahan pak Presiden. Soal posisinya di tengah-tengah antara Balikpapan dan Samarinda. Nanti kita akan cek ke lokasi juga, di mana lokasi yang sudah disiapkan pemerintah untuk TC ini,” tambah Iriawan.

Kalau memang benar PSSI mendapat lahan sebesar yang dijanjikan tersebut, maka mereka serius dalam mempersiapkannya. Karena, PSSI ingin mendirikan training camp seperti yang ada di negara tetangganya AFC. Bisa saja juga Kantor PSSI akan pindah ke sana.

BACA JUGA:  Gagal Bawa Vietnam ke Piala Dunia, Park Hang-seo Didesak untuk Mundur Saja dari Pelatih

“Untuk desain, belum ya. Nanti kan kita akan menyampaikan soal desain ini ke Pak Presiden. Kita akan datangkan ahli, termasuk ahli dari luar negeri, karena kita ingin seperti yang di Kuala Lumpur punya AFC.

Intinya lengkap, seperti yang di UPI di Bandung itu. Presiden ingin tujuh lapangan dan lengkap fasilitasnya, dan kami senang akan itu.”

close