Media Online Olahraga & Hiburan Indonesia

Kapten Baru Barcelona, Sergio Busquets

Kapten Baru Barcelona, Sergio Busquets
Kapten Baru Barcelona, Sergio Busquets

Lionel Messi telah dipastikan takkan kembali ke pelukan Barcelona. Alhasil, klub papan atas La Liga tersebut harus mencari kapten baru untuk menyongsong musim 2021/2022.

FC Barcelona bersiap untuk memulai era baru pasca-kepergian Lionel Messi. Era baru Barca ini akan dipimpin oleh sang kapten anyar, Sergio Busquets. Barcelona mengumumkan empat kapten baru untuk musim 2021-2022.

Dapatkah Hadiah Uang Puluhan Juta Rupiah, Ayo Daftar Sekarang

Sama seperti Messi, keempat pemain tersebut juga pernah menimba ilmu di akademi sepak bola terkenal milik Barca, La Masia. Gelandang senior Barca, Sergio Busquets, menjadi kapten pertama. Sementara itu, para wakilnya secara berurutan adalah Gerard Pique, Sergi Roberto, dan Jordi Alba.

Adapun, Busquets saat ini merupakan salah satu pemain dengan masa pengabdian terlama di Barcelona. Pemain kelahiran Sabadell itu dipromosikan ke tim utama Barcelona pada 2008, ketika Barca dilatih oleh Pep Guardiola.

BACA JUGA:  Tak Ada Barcelona, Inilah Tim Yang Sudah Di Pastikan Lolos 16 Besar Liga Champions

Busquets yang menempati posisi gelandang bertahan menjadi bagian penting dari gaya sepak bola tiki-taka Barcelona di bawah kepelatihan Guardiola. “Busi (panggilan akrab Sergio Busquets) sangat cerdas, dia mengerti segalanya,” kata Guardiola soal anak asuhnya itu, dikutip dari Barca Universal.

“Dia tidak memiliki banyak kekuatan fisik, tetapi itu adalah kecerdasannya. Jika Anda bertahan sepuluh tahun di Barcelona, Anda harus kuat,” imbuh pelatih yang kini menangani Manchester City itu.

Busquets langsung mendapatkan tempat utama di skuad Barcelona pada musim pertamanya. Ia membantu Barca memenangi treble winners musim 2008-2009 yaitu juara LaLiga, Liga Champions, dan Copa del Rey.

BACA JUGA:  Hasil Drawing Sea Games, Timnas Indonesia Segrup Vietnam, Netizen : Optimis Medali Emas !

Pada laga final Liga Champions 2009 menghadapi Manchester United, Busquets bermain sebagai starter dan mengantarkan Barcelona menang 2-0.

Sejak musim itu hingga saat ini, peran Sergi Busquets di Barcelona hampir tak tergantikan. Bahkan, ia tercatat hanya sekali mengoleksi penampilan liga di bawah 30 kali yaitu pada musim 2010-2011 di mana ia tampil 28 kali di kompetisi teratas Liga Spanyol.

Sergio Busquets dikenal sebagai salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia saat ini. Ia mampu mengendalikan permainan timnya dari posisi sentral melalui ketenangan dan kemampuannya melepaskan umpan.

Selain di Barcelona, prestasi gemilang juga diukir oleh Busquets bersama timnas Spanyol.

Pemain yang kini berusia 33 tahun itu melakoni debut internasional bersama La Furia Roja pada 2009. Sergio Busquets menjadi bagian skuad Spanyol ketika memenangi Piala Dunia 2010 dan Piala Eropa 2012.

BACA JUGA:  Lionel Messi dan Barcelona Resmi Berpisah

Penunjukan Busquets sebagai kapten Barcelona bukanlah sesuatu yang mengejutkan. Sebaliknya, ia pantas diberikan mandat tersebut sebagai ganjaran atas loyalitasnya. Sergio Busquets tak pernah berganti klub semasa karir bermainnya.

Tahun 2005 menjadi kali pertama pria kelahiran Sabadell, Spanyol tersebut menginjak markas La Masia. Ia menimba ilmu selama dua tahun sebelum panggilan untuk memperkuat tim B tiba di hadapannya.

Busquets pun hanya bertahan selama satu musim bersama Barcelona B. Setelahnya, Josep Guardiola memanggilnya buat bergabung dengan skuat inti dan sisanya sejarah. Busquets tak pernah sekalipun meninggalkan Blaugrana hingga detik ini.

close